Dikutip 100% dari : http://skutergorbo.blogspot.com/2007/05/tuning-vario-roller-per-cvt.html
—————————————————–
Banyak teman yang bertanya, bagaimanakah kombinasi performance parts yang ideal untuk membuat Vario lebih baik performanya? Sebetulnya sulit untuk ditentukan patokannya karena ternyata setingan yang pas untuk satu orang belum tentu pas untuk orang lain. Hal ini disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi termasuk kebiasaan orang dalam memperlakukan mesin. Mencontek setingan di motor teman pun belum tentu menghasilkan performa yang sama.
Tuning yand biasa diaplikasikan pada skuter modern (skutik / skubek) untuk kebutuhan harian adalah modifikasi pada bagian CVT. Sebetulnya modifikasi ini sama aja dengan melakukan tuning terhadap transimisi. Pada kendaraan matic khususnya, kita harus sadar terlebih dahulu bahwa peningkatan pada satu sektor pasti mengorbankan sektor yang lain. Dalam hal ini, akselerasi vs top speed.
Para tuner skuter modern professional yang biasa menangani kebutuhan kompetisi tentunya akan mencari setingan untuk mendapatkan keseimbangan yang paling pas bagi performa skuternya. Untuk menutupi hal-hal yang dikorbankan akibat modifikasi pada CVT, mereka melakukan berbagai upaya seperti tuning setelan karburator, mengganti CDI unlimited, bahkan hingga bore up. Tujuannya adalah membuat skuter modern dapat berlari sekencang mungkin dan bertahan pada kondisi performa paling prima selama mungkin, hingga akhirnya grafik performa mencapai puncaknya dan akhirnya mulai menurun. Namun untuk harian dan penggunaan dalam kota harus disesuaikan dengan kebutuhan.
Untuk penggunaan harian dan dalam kota, tuning performa pada skuter modern sebetulnya cukup dengan melakukan setingan pada roller dan per CVT. Mari kita bahas satu per satu.
Roller Weight
Untuk prinsip kerja roller, semakin ringan rollernya maka dia akan semakin cepat bergerak mendorong movable drive face dan face comp pada drive pulley sehingga bisa menekan belt ke posisi terkecil. Efek yang terasa, akselerasi makin responsif. Namun supaya belt dapat tertekan hingga maksimal butuh roller yang beratnya sesuai juga. Artinya jika roller terlalu ringan maka tidak dapat menekan belt hingga maksimal. Efeknya tenaga tengah dan atas akan berkurang bahkan hilang.
Untuk berat roller, ada dua konsep umum yang biasa dilakukan jika mengaplikasikan roller konvensional (bentuk silinder), yaitu aplikasi roller dengan yang berat seragam dan kombinasi berat roller. Kombinasi roller dilakukan dengan memasang 3 roller dengan beban tertentu dan 3 roller dengan beban yang lebih berat atau lebih ringan, tergantung kebutuhannya. Roller yang lebih ringan akan bergerak terlebih dahulu menekan movable drive face dan menyebabkan Vario bergerak lebih responsif daripada semula. Pada titik putaran mesin selanjutnya roller yang lebih berat akan mulai bergerak dan bebannya membantu menekan belt lebih dalam lagi.
Ada satu rumus ideal untuk mengkombinasikan roller, yaitu bedanya maksimal 3 poin antara roller yang ringan dengan roller yang berat. Dalam konteks CVT Vario, untuk membantu mencari top speed, bisa dilakukan kombinasi 3 roller standard (13 gr) dengan 3 roller yang lebih berat (15 gr). Dengan rumus ideal ini, tenaga tengah akan dikorbankan namun tidak terlalu banyak. Semakin jauh beda bebannya maka semakin banyak tenaga tengah yang dikorbankan. Untuk penggunaan harian dengan track yang tentunya bakal ketemu tanjakan, bisa dicoba kombinasi 12 gr dan 14 gr.
Bagaimana halnya dengan Sliding Roller (SR) yang bentuknya tidak silinder? Prinsip kerja SR tidak untuk dikombinasikan atau dengan kata lain akan lebih optimal jika keenam SR memiliki beban yang sama beratnya. Pengaplikasian SR dapat membantu proses menekan movable drive face lebih cepat daripada roller konvensional. Hal ini karena SR memiliki bidang tekan yang lebih luas untuk menekan face comp sampai movable drive face ikut bergerak. Sedangkan roller konvensional memiliki bidang yang lebih kecil untuk menekan face comp dalam proses pergerakannya. Ibaratnya, akan lebih mudah untuk mendorong pintu rolling door dengan menggunakan telapak tangan daripada dengan menggunakan jari telunjuk saja. Oleh karena itu, secara hukum fisika, SR membutuhkan tenaga yang lebih sedikit untuk mencapai daya dorong yang sama dengan roller konvensional. Untuk gambar perbandingan luas bidang tekan ini silakan lihat artikel sebelumnya mengenai SR di blog ini.
Per CVT
Performance part ini biasa disebut juga dengan compression spring atau torque spring. Prinsip kerjanya adalah semakin keras per tersebut maka belt dapat terjaga lebih lama di kondisi paling luar dari driven pulley. Namun kesalahan kombinasi antara roller dan per CVT dapat menyebabkan keausan bahkan kerusakan pada sistem CVT! Berikut beberapa kasus yang sering terjadi:
1. Per CVT yang terlalu keras dapat membuat drive belt jauh lebih cepat aus karena belt tidak mampu menekan dan membuka driven pulley. Belt semakin lama akan terkikis karena panas dan gerakan berputar pada driven pulley. Bayangkan apa jadinya jika belt putus di tengah jalan? Kita harus siap dengan peralatan yang sesuai, yang sepertinya tidak umum untuk dibawa harian di Vario. Atau solusi mudahnya, sewa mobil bak untuk mengangkut Vario kita ke bengkel kepercayaan kita.
2. Per CVT yang terlalu keras jika dipaksakan dapat merusak clutch / kupling. Panas yang terjadi di bagian CVT akibat perputaran bagian-bagiannya dapat membuat tingkat kekerasan materi partsnya memuai. Pada tingkat panas tertentu, materi parts tidak akan sanggup menahan tekanan pada tingkat tertentu pula. Akhirnya per CVT bukannya melentur dan menyempit ke dalam tapi justru malah bertahan pada kondisi yang masih lebar. Kopling yang sudah panas pun bisa jebol karenanya.
Per CVT original bawaan Vario terspesifikasi di 1000 rpm. Sebetulnya sudah cukup bagus dan ideal untuk penggunaan harian. Namun sepengalaman saya per CVT 1200 rpm jauh lebih enak lagi dan membuat tarikan Vario jadi lebih enteng. Per CVT 1500 rpm masih bisa diaplikasikan tapi rajin-rajinlah memeriksa kondisi drive belt skuter Anda. Saya tidak berani merekomendasikan per CVT 2000 rpm untuk penggunaan harian karena terlalu keras.
Untuk mempermudah pemilihan per CVT performance yang tersedia di pasaran dunia saat ini rata-rata dapat dibedakan berdasarkan warnanya. Berikut daftar warna untuk per skuter modern yang saya berhasil dapatkan dari website Malossi dan sebagian sudah ketahuan spesifikasinya.
– Putih : 800 rpm
– Biru : 1000 rpm <— Vario menggunakan per original warna ini.
– Violet : 1200 rpm
– Kuning : 1500 rpm
– Merah : 2000 rpm
– Hijau : ??? rpm (belum saya ketahui)
Saya tetap menghimbau Anda untuk selalu berhati-hati dalam memilih performance parts. Konsultasikan baik-baik dengan tuner kepercayaan masing-masing sebelum mengganti part standard dengan part aftermarket.
Semoga informasi di atas cukup membantu. Jangan sungkan-sungkan untuk meralat, menambahkan atau membantah jika ada informasi dari saya yang tidak tepat.
—
Terima kasih saya kepada rekan-rekan di milis dan forum HVC serta rekan-rekan dari Kymco Indonesia atas ilmu yang saya peroleh dan tidak bisa digantikan dengan apa pun.
Posted by gorbo at 5/12/2007 06:50:00 PM
bro kalo engine ulas juga dong
ini gw juga copy paste dari blog lain bro, gw ga hobi mesin sih, paling kalo mau oprek tinggal sambangin temen, gw nyang ngetes doang 🙂
Vario Ngga Banget!!!gw punya di claim balik ke dealer coz, pelek racing gw peyang pdhl baru 2 hari dikirim
heh goblok vario tuch ciamik matic g ada yang keceng dari vario mio gw aja korekan abis 3 juta g bisa ngejar lalu bsknya gw jual gw nyesel beli mio
Lohh ajah yg bodoh.. Tergantung dari bengkel . Lu ajah yg ketinggalan jaman , dak usah hina motor dulu. Orangnya bisa apa tidak ngencengi motor ituu.. Bodoh!!!
Berarti lu yang goblok, gua aja pake motor mio cuman ganti oli roller stel klep trus ganti karbu aja bisa ngalahin jupiter injeksi, bego amat lu, itu namanya elu dibboongin bengkel, bego
mas klo pengaryh putaran mesin terhadap rasio perbandingan gigi transmisi cvt
pak tolong tentang vario ditanjakan ga ada tenaganya loyo,ga mau di rpm 50 bertahan di 20 rpm?sudah saya ganti pake roler 7gram dan 8 gram tapi ga ada perubahan,apalagi yg perlu diganti?saya tinggaldiciater yg jalannya banyak tanjakan,
tolong masukanya ditunggu segera,
aq punya vario,,
pada saat pertama sekali di gas dia mengalami getaran,
kira2 krusakan apa yg terjadi pada vario?
dan apakah cara membaw2a yg ugal-ugalan
dapat menyebabkan kerusakan,,
dan kerusakan apa yang terjadi kira-kira?
terima kasih.
mau tanya nech.. Setelan utk mesin Vario yg enak buat harian tp kenceng apaan ya?
gw pengen tau dr mesin diapain aja, terus di daerah cvt diapain aja? terus part apa aja yg di ganti dan biayanya kira2 ampe brp? yang penting pagi2 ga susah utk dihidupin.. thx..
Make loler 8 gram mas dan make rumah loler merek ktc saya make beat.vario 25 new aja gk ngejar
vario neng dimajuin setelan magnetnya, hmm kurang ngerti juga di bagian mana. tapi bisa bwt tarik2an dengan mudah n ga kalah sama motor berkopling. cuman bensinnya yang ngga nguwati. ada ga ya cara ngiritin bensin, dikiiit aja.
keknya di tivi tu ada vario yang bisa 1:55.
sementara mio temen yg diganti rollernya tu bisa super duper irit dg tenaga yang ga berkurang.
apa pengaruh ganti roller seperti itu?
varioku boros banget, tapi larinya payah…… kira2 da pa ya…?
Vario punyaku setelah per CVT nya di ganjal ring krg lebih tebal 3cm,dalam pemakaian harian jadi tambah responsif,selang beberapa waktu jd memble alias tdk responsif lg.setelah dicek ternyata drat ulir untuk penguncinya kendor,kyk mau lepas.setelah dibenerin ok.tp g lama balik lagi kendor.tolong donk… apa ganjal per CVT nya terlalu tebal? solusinya gmn pren? maunya tetep aja responsif enak buat di jalan macet .thx
mendingan ganti aja per cvt nya bro sama yg 1500rpm udah enak
di ganjal ring apa oom.?
ring seher/piston., atau ring apa.?
Pake ring seher bebek aja bro ngeganjel’y ckup 2 biji aja..tarikan awal udh nendang banget
gw bingung, ko ada yang ngeluh mslh perform vario. Cz menurut pengalaman gw, Vario top bgt. (keadaan standar..dar..dar…)
#BBM lebih irit dr mio
#speed bs bgt ngasepin mio seri apa aja (yg pntg standar jg)
Malah gw pny pengalaman yg ga enk. Gw “ngintilin mio dr blakan krn gw tertarik baca stikernya di spakbor blk ( biasalah…kan lucu lucu) eh trnyata tu mio rider pikir gw ngeledekin. Trus dia ajak adu kebut. Ya udah gw ladenin, itung2 ngetes Menang sukur kalh ya ora popo…wong ga dapet hadiah ko.. kejadian di jalan baru ke arah pasar rebo jaktim. hasilnya Vario gw menang. tp dy ga terima n tiba2 gw ditendang. untung msh kontrol
#bwt tanjakan oce bgt. Kepuncak hmpir 2X sebulan. pernah jg gw bw ke Subang boncengan ma bokin n nyaman bgt. tikungan rebah sip..kan bannya lebar (rute: rmh gw(ciracas)> pucak> Cianjur> lembang> Subang> lembang> Bandung> karawang> bekasi> rmh gw lg
#kesimpulan…Vario gw memuaskan
skrg ni br mw coba per 1500rpm n roller 12-13
oia.. @11 Pram, gw jg mw pake ring per CVT yg yg ada “pelornya
kira2 gmn ya hasilnya?
Sori neh kebanyakan
slm knl smua
hihii,,,vario itu kalo menurut gwe bagus buat di modifikasi baik body ataupun mesinya…
huy…………gmna cranya mesin vario larinya kenceng ?bozz
co2knya vario d kash roller ukurn brpa?byr larinya kenceng?tolong d bls………….
cuy gw mau nanya..???
koq tarikan gw start dan terakhitnya agk loyo
pdahal gw dah make seher kaze oversize 50 diameternya 53.1
noken as hrp
per cvt 2000 rpm
roller 10 gram
koil racing
busi racing
knalpot satria f thailand di bobok
buat seher ukuran 53.1
cukup pake per cvt 1500 rpm
biar tarikannya seimbang
per cvt lw pake 1500rpm aj
sma leher knalpot jg kegedeann diameternya
cuy gw mau nanya..???
koq tarikan gw start dan terakhitnya agk loyo
pdahal gw dah make seher kaze oversize 50 diameternya 53.1
noken as hrp
per cvt 2000 rpm
roller 10 gram
koil racing
busi racing
knalpot satria f thailand di bobok
klo ad yang tau penyebabnya
tolong sms or tlefon ke num 085719750051 ato blez komen gw aj
thanks
Gmn bos skrng motornya ? Kendala motornya sama sperti punya sy. Sudah bore up tapi kok masih loyo. Tolong bagi ilmunya boss
Vario gw pngn kenceng, di apain y ????
Vario gw pengen kenceng, di apain y ????
agan brown .
klo vario lu mau kenceng , masukin k BRT aj , d BRT ad paketannya ko .
lu tinggal pilih yg 54’n , 58’n , ap yg lebih lg .
dri pda salah” malah jebol tu mesin .
klo rumah lu d deket cinere ad tu d dket samsat depok ,
Ada solusi lain ngak om vario techno 110cc ane ngak kuat nanjat kira2 apanya iya… Pengen ganti karbu PE cuma pakean harian ane. Ane di pondok cabe wa 085719036150
berapa yaaaa biayax gan????!!
slm knal ya
oy buat smua nya klo mau vario bsa lari, sesuaikan antra roller dan per cvt nya, klo per terlalu kras dan roller terlalu ringan yg ad tu vario ga kan bsa lari,
klo vario gw buat start enak, gw cma ganti:
roller = 12g-13g(kombinasi)
per cvt = standart
per kampas kopling yg d cvt gw ganti pnya mia yg 1000 rpm, hasil nya start nya enak, dan msh bsa lari smpe 110 km/h lagi
thanks
slm knl gan..
ane punya vario 2007, akhir2 ini sering muncul getaran pada kecepatan rendah.
tolong solusinya gan, soalya ane mersa terganggu banget.
sekali lagi mohon bantuannya…
tq sebelumnya.
sangat berguna info nya buat temen2 pengguna matic husus nya untuk vario.
gma cara dapet bawahan vario ring 17 kenceng n top sped full 100 lebih cuma otakatik cvt
bro motor wa vario dan ganti ring 17 belt TDR tapi lari.a jadi berat klw tanjakan bonceng 2 top speed.a cuman ampe 60 km/h jadi mnurut bro apa.a yg kurang wa pengen ne motor enak buat tarikan bawah soal.a daerah wa sering macet
tolong kirimkan pesan lewat email: agung_22@rocketmail.com
vario standard pabrik lari 100km/h, ganti roler 12g, per cvt 1500, pilot jet 38, main jet 110 kalo mau cepat atasnya pake 118(boros). itu aja matik2 yg dijalan gk pernah menang ama punya saya, cuman top speed jadi 95km/h, tarikannya dijamin mak nyus.
salam kenal bos.. vario ane pake seher kaze.. roller 8grm ama 10gram per cvt nya 1500 rpm..
tapi kurang maknyus lari nya..
kira kira roller yang cocok ukuran berapa dan per cvt nya berapa rpm..??? \
thanks sob.. kalo ada yang tau sms aja ke no 087725214000…tolong ya boss…
kalo udah boreup yah ganti big poli baru maknyus, sebenarnya kalo mau kenceng ya satu2 dulu mainnya, biar terasa naiknya tuh kecepatan. seting cvt, seting karbu/ganti karbu, alusin keluar masuknya, bobok knalpot, gedein kompresi mau dipapas head dulu apa bore up sekalian, main noken as, gedein klep, cdi no limit. udah liar gak karuan tuh bawaannya.
cara meringankan vario roller 7 dan 8 gram ………
per cvt beat standar ………masih mending untuk harian ………
bore up 130 tune up vario
per cvt racing
karbu pe 28
cdi brt powermax
koil racing
magnet yz 125
roller racing
knlpot kawahar k2 vario ..
mz,aq meh nanya… vario q kn roller+pernya ta ganti… roller pke 7gr sdngkn per 1500rpm!!
menurut anda gmana bro… mohon d ksih saran,yg terbaek!!
makasih mz sblume
Aq punya vario 150 cuma ganti roler kawahara 11 gr tanpa ganti per cvt tarikan bawah, tengah dan atas responsiv stabil dan dongkrak speed dr 100 jd 110 dan pd saat nanjak goncengan jg larinya tetep maknyus bgt jg bensin tetap irit krn tdk dirubah settingannya.
tolong info ya, w abis naekin seher pake kaze 50, tp kok masih lemot aja larinya?solusinya bagaimana?rolernya pake ukuran berapa ya?respond yaa thanks
bos mau tanya ni,vario ane uda pke sher 56 sonic nol,cdi brt dan rumah roller sdh dibu2t pke roller 8 dan 10 mili penbelt racing kitaco dan noken as tdr
nah masalahnya ni mtr lajunya mnrt ane krg liar bro aplagi yg hrs ane ganti
thx,khadoet
gue punya belt CVT merek TDR Racing 1200rpm..sapa tau ada yg minat buat harian bisa. kombinasi roller 9gr/11gr tarikan jadi lebih enteng. monggo minat??
cuy gua masih bingung nch untuk nmbh perfom beat gua_
masalahnya gua belum ngerti harus pake roller ukuran berap gram dan per cvt berapa rpm_
karena motor gua masih standart_
misalkan gua pake roller ukuran 10gr dan per cvt ukuran 1200rpm_
dampak ke mesinnya bagai mana_
mohon infonya cuy. . .
Vartech 100 ku , pakai flying roller Techpulley 1814 – 14 gram , tenaga bawah dan atas mantabbbb, ngisi terus ,
up sorry 110 karburator vario tecno
roller 12 – sama 9 lebih mantab. pakek busi racing trus klapot nya ganti racing juga. dah lumayan lari nya
buat bore up vario harian .
cukup pake seher ukuran 56,pakai blitz joy ..
atur kompresinya juga.
karburator pake PE 24.
CDI BRT PowerMax Dual Band
koil racing
magnet yz
roller racing 8 gram sama 12 di silang
knlpot pakai thailand biar akselerasinya cakep gan.
vario sya gx adh imbang d daerah medan;
posisi standar murni kalau gx percaya dtang aj kbngkel kmi
lapak maen kami di cbd.
boby mekanik TNG speed
salam kenal mas bro, saya baru tes roler 10qrm combinasi roler standar, vbelt+per1000 rpm TDR, larinya masih kalah sama komponen standar
HVC udah bubar BOSS
Kata siapa njing ?
Mas mau tanya kan lorer standar vario 110 cwe 13gram pngen agak ngacir d gnti lorer nya brapa gram tuh mas.ksh tau mkch mas
Bos mau nny klo beat d ksh piston os 50 kazekan naik 23cc .tu perbandingan kompresinya berapa.
Broh ane mau nanya ? Ane punya vario , ane cuma main pilot jet sama main jet ajah udah ngangkat, kalo ane ganti roller ukuran 7 – 8 atau 5 – 10 , bales ke nmer ini ajah broh 083804208896
Korek Harian Vario Tekno 125 NGEBUTTTTTT
http://berita-motor-drag.blogspot.com/2014/06/korek-harian-vario-tekno-125-ngebutttttt.html
ane punya vario sama jupiter gak kalah di jln umum tapi masalahnya tarikannya sebut itu apanya ya gan?? tlong infonya terimakasih
roler stndart vario brp yah?
beat pakai seher vario yang cocok roler ukuran berapa dan cvt rpm brapa?
bro vartech 110 ku bore up piston 57mm
tapi larinya kok kurang ngacir ya ?
spesifikasi:
-piston 57mm
-noken kawahara k-1
-vbelt kawahara
-roller 11 gram merk TDR
-peer CVT 2000RPM
-Kenalpot Kawahara standart racing
-karbu PE26
-magne di bubut
top speed kok cuma 100kmh ada apa ya ? mungkin ada saran atau masukan ?
Saya pradana dari Vario Magetan Club
Saya punya vario 2012 keluhannya kenapa kok ada suara kerrr kerrr wkt dibawa jalan dan dugas laju… Mohon solusinya..
Mau kenceng beli ninja
Pada salah semua, buktinya vario gw enteng ditanjatan. Trs kenceng jga pula misalnya di bandingin sama CBR mh menang motor gw, pedahal motor gw cuma seher ajj 54 sama loler racing persepiti cuma gw ganjel. Mekanik² kalian ajj yg pada ga bisa ngorek
Mas… Mw tanya..pake seher kaze atw apa ya? Lalu boring nya pake bawaan atw pake boring baru? Ada settingan yg lain? Thx
Vario cw user
sy pecinta vario dari 2008 sampai sekaranng mesin harian spek piston fim 55,5 karbu standar…. pengapian cdi standar ..bagian cvt sy pakaai 9/13gram 3÷3 per cvt 1000rpm aman2 saja bro… yg bilang jelek motor nya jaranng d service tuh rutin aja gan… sy ke bali purwakarta alhamdulillah amann2 saja.pesan sy sih pilih mekanik yg handal aja jngn salah perhitungan sesuai kebutuhan …salaam dari kami VIP purwakarta…
sy pecinta vario dari 2008 sampai sekaranng mesin harian spek piston fim 55,5 karbu standar…. pengapian cdi standar ..bagian cvt sy pakaai 9/13gram 3÷3 per cvt 1000rpm aman2 saja bro… yg bilang jelek motor nya jaranng d service tuh rutin aja gan… sy ke bali purwakarta alhamdulillah amann2 saja.pesan sy sih pilih mekanik yg handal aja jngn salah perhitungan sesuai kebutuhan …salaam dari kami VIP purwakarta…
salam knal broo,., mau nanya,., klo roller nya 12\13. gram, tu per cvt nya pakai yg brpa rpm ??